Cara Brand Memanfaatkan Momentum Kebangkitan dan Ketangguhan Indonesia pada 77 Tahun Kemerdekaan sebagai Bentuk Kontinuitas Komunikasi

the pr playlist
The PR Playlist: Music to Awaken the Creative Spirit
August 18, 2022
The Southeast Asian Decade And The Role Of Strategic Communications
September 7, 2022
PRecious ID Independence Day Picture

Pandemi telah merubah berbagai aspek kehidupan, termasuk komunikasi brand dengan publik dengan segala peraturan pembatasan sosial. Strategi komunikasi harus dipersiapkan dengan matang demi reputasi perusahaan. Jadi, bukan hanya sekedar menyebar siaran pers atau membuat kegiatan saja. Tentunya, praktisi humas dituntut untuk dapat beradaptasi agar tetap dapat menyampaikan pesan brand dengan jelas kepada publik dan seluruh stakeholderfor it is not the strongest one that will survive, but the most adaptable one that will.

Joyce Rodwina Hutapea, Market Leader PRecious Communications Indonesia memiliki pesan bagi kita semua dalam merayakan 77 tahun kemerdekaan Indonesia. Yuk simak selengkapnya!

Apa makna 77 tahun kemerdekaan Indonesia bagi PRecious?

Kami bangga menjadi bagian dari negara yang kuat dan solid melewati berbagai tantangan besar.

Momentum 77 tahun kemerdekaan Indonesia mengingatkan kami untuk terus berusaha memberikan layanan PR terbaik kepada klien guna memperkuat social capital yang berpengaruh terhadap perkembangan bisnis mereka di Indonesia.

Apa yang  menjadi tantangan bagi brand melakukan kegiatan komunikasinya di Indonesia?

Pembatasan sosial berpengaruh besar terhadap cara komunikasi brand kepada publik. Sebagian besar klien kami memaksimalkan penggunaan aktivasi online, mulai dari press conference, product launching, media interview, dan lainnya. Namun, terlepas dari sisi positif dan negatifnya, kebanyakan brand dan jurnalis merasa “bosan” akan kebiasaan tersebut.

Saat ini, aturan protokol kesehatan tidak terlalu ketat dibandingkan tahun sebelumnya, memungkinkan klien kami melakukan kembali berbagai aktivitas interaktif secara bertahap untuk menyampaikan pesannya kepada publik.

Meski pandemi terus menerus membatasi situasi, ekosistem bisnis harus terus berjalan. Komunikasi antara brand dan publik harus terus dilaksanakan. Dengan begitu, baik publik maupun pelanggan akan terus diingatkan mengenai keberadaan brand tersebut.

Tantangan ke depannya adalah bagaimana kita menyeimbangkan dua hal tersebut dengan tetap membantu klien menyampaikan pesannya dengan jelas dan menarik kepada publik, karena komunikasi bukan sekedar untuk didengar, melainkan juga dipahami dan direspon. 

Bagaimana seharusnya brand memanfaatkan momentum kemerdekaan Indonesia guna mengembangkan bisnisnya? 

Penetrasi internet dan media sosial  yang berkembang pesat di Indonesia merupakan faktor yang dapat dimanfaatkan pada momentum kemerdekaan Indonesia, sebagai contoh, PRecious berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan seniman digital untuk mempromosikan NFT yang bertemakan kemerdekaan.

Memanfaatkan momentum,, mengambil peluang, dan meminimalisir tantangan merupakan jalan keberhasilan bagi brand dalam mengkomunikasikan diri kepada publik. 

Dampak nyata yang relevan dan membantu masyarakat luas merupakan kunci keberhasilan dalam setiap aktivitas komunikasi yang dilakukan PRecious. Dengan melaksanakan program komunikasi yang tepat, pesan akan diterima dengan baik oleh audiens yang bersangkutan.

Apa komitmen dan pesan PRecious dalam menyambut 77 tahun kemerdekaan Indonesia??

PRecious berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan jasa PR terdepan dan terpercaya untuk seluruh brand yang ingin mengembangkan social capital-nya di Indonesia.

Membangun jiwa yang merdeka, mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan akan menjadikan Indonesia bangsa yang besar dan mampu berkompetisi di kancah Internasional.

Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari terus berkarya demi memajukan bangsa tercinta. Dirgahayu Indonesiaku!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *