Langkah Mundur Kopi Kenangan dalam Memperkenalkan Mereknya di Malaysia, ujar Country Leads PRecious Indonesia, Joyce Rodwina Hutapea

How newsroom tactics can help with your content marketing efforts
October 12, 2022
PRecious celebrates a decade in business, and the best is yet to come!
November 25, 2022
Kopi Kenangan - Branding

Kopi Kenangan, merek kopi terkenal asal Indonesia akhirnya mengembangkan bisnisnya ke Malaysia dengan menggunakan nama ‘Kenangan Coffee’. Rencananya, mereka akan membuka lima sampai sepuluh cabang di Kuala Lumpur.

Country Leads PRecious Indonesia, Joyce Rodwina Hutapea mengatakan bahwa perubahan nama tersebut dapat menimbulkan kebingungan karena publik sudah mengenalnya dengan nama ‘Kopi Kenangan’

“Nama ‘Kopi Kenangan’ merepresentasikan identitasnya dari Indonesia untuk bersaing dengan kompetitor global lainnya,” ujar Joyce. “Keputusan mengubah nama tersebut akan berpotensi memunculkan persepsi bahwa ‘Kopi Kenangan’ dan ‘Kenangan Coffee’ adalah dua merek yang berbeda,” tambahnya.

Sementara itu, Country Leads PRecious Malaysia, Joey Gan juga berpendapat nama yang menggunakan istilah ‘lokal’ dapat lebih dikenal oleh publik. “Di Malaysia, kami melihat tren nama merek yang menggunakan bahasa lokal lebih mudah dikenali oleh penduduk setempat, terutama di kalangan Gen Y, Gen Z, dan Milenial,” ujarnya. Joey juga mengatakan kepada Marketing Interactive bahwa nama ‘Kopi Kenangan’ akan terdengar lebih puitis dan bermakna, serta dapat menguntungkan untuk memperkenalkannya ke masyarakat luas.

Selain itu, ekspansi yang dilakukan oleh Kopi Kenangan tidak menggunakan konsep franchise untuk menjaga standar kualitasnya. Salah satu rahasia yang dilakukan Kopi Kenangan terkait hal tersebut adalah dengan merekrut ‘pelanggan misterius’ untuk membeli di setiap gerai tokonya demi menjaga standar produk dan layanan yang tinggi.

Terakhir, perlu diingat, Kopi Kenangan bukan satu – satunya grab-and-go coffee chain di Malaysia. Terdapat banyak kompetitor lokal yang sudah lebih dulu memiliki basis pelanggan besar dan harus menjadi salah satu pertimbangan Kopi Kenangan dalam berinovasi di negara yang mengkonsumsi lebih dari 40 juta kilogram kopi per tahunnya.

Tentunya, kita menantikan kelanjutan dari ekspansi bisnis Kopi Kenangan di Malaysia. Apakah pergantian nama tersebut akan menjadi permulaan atas munculnya masalah identitas kedepannya? Mari kita tunggu bersama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *